fajarnews

Pemkot Cirebon Siapkan Venue Anggar untuk PON XIX Jabar 2016

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 3 November 2015 | 07:30 WIB

WIN
KEPALA DPUPESDM Kota Cirebon, H. Yoyon Indrayana beserta jajarannya meninjau lokasi perbaikan GOR Bima, Senin (2/11).*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON)  XIX Jawa Barat (Jabar) tahun 2016, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melakukan perbaikan sejumlah sarana dan prasarana olahraga seperti gedung olahraga (GOR), Kolam Renang Catherine Surya dan juga infrastruktur jalan seluruh kawasan Bima.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) Kota Cirebon, H. Yoyon Indrayana mengatakan, selain cabang olahraga (cabor) polo dan selam air yang dijadikan venue PON XIX 2016 mendatang, Pemkot Cirebon pun sedang mempersiapkan venue untuk bulu tangkis dan juga anggar yang bakal digelar di GOR Bima.

“Saat ini, pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang paling utama adalah kolam renang, pasalnya kolam renang ini bakal dijadikan venue polo dan selam air. Akan tetapi, pemkot juga sedang mempersiapkan infrastruktur untuk venue bulu tangkis dan juga anggar agar bisa digunakan untuk PON mendatang,” ungkap H. Yoyon saat meninjau lokasi perbaikan GOR Bima, Senin (2/11).

Menurutnya, Pemkot Cirebon menyediakan anggaran sebesar Rp 3,7 miliar untuk perbaikan GOR Bima tersebut. Anggaran itu digunakan untuk perbaikan dan pembangunan sekitar GOR Bima seperti kantin, musala, rumah jaga, pagar, dan gapura. Akan tetapi, sampai saat ini perbaikan dan pembangunan infrastruktur tersebut baru mencapai 40 persen.

“Pembangunan infrastruktur direncanakan akan selesai tahap pertama pada Bulan Desember dan bakal dilanjutkan pada tahap berikutnya. Awal tahun 2016, anggaran sudah ada tinggal melanjutkan perbaikannya saja, dan termasuk juga prasarana jalan seluruh kompleks Bima pada tahun depan akan diperbaiki,” terang H. Yoyon.

Sedangkan anggaran untuk perbaikan infrastruktur jalan kompleks Bima, dianggarkan sebesar 8,5 miliar, dan pada tahun depan, ada tambahan Rp 1 miliar lagi untuk kolam renang. Jadi total seluruh anggaran yang digunakan untuk perbaikan GOR Bima, infrastruktur jalan dan juga Kolam Renang Catherine Surya mencapai Rp 12 miliar.

“GOR Bima ini nantinya akan dijadikan venue cadangan apabila Kota Bandung tidak siap menjadi tuan rumah bagi cabor bulu tangkis dan juga anggar. Kekurangan-kekurangan lainnya sedang kami perbaiki, dan sampai sekarang juga kami sudah melakukan banyak persiapan agar GOR Bima layak dijadikan venue anggar,” ujar H. Yoyon.

Sementara untuk renovasi Kolam Renang Catherine Surya sendiri kedalaman kolam tersebut ditambah hingga 30 cm. Tadinya kolam tersebut memiliki kedalamannya sekitar 150 cm, dan bertambah menjadi 180 cm. Penambahan kolam renang ini disesuaikan dengan standar internasional.

“Selain itu juga, renovasi kolam renang mendapatkan tambahan satu pompa air dengan kedalaman 60 meter dan satu pompa lagi yang lama. Jadi ada dua pompa air yang bakal digunakan untuk mengisi kolam renang tersebut, sedangkan penambahan pompa air yang baru tersebut diprediksikan akan lebih baik kualitas airnya,” tandas H. Yoyon. (WIN)

 

Loading Komentar....