fajarnews

Percasi Gagal Bawa Empat Medali

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Senin, 29 Mei 2017 | 08:35 WIB

Winarno
Azhar Al-Ghiffari yang berhasil menyumbangkan satu perunggu untuk Kota Cirebon pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur di Graha Sindang Kasih Majalengka pada 19-23 Mei kemarin.*

Fajarnews.com, CIREBON- Sebanyak 16 atlet yang diturunkan pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur di Graha Sindang Kasih, Majalengka pada 19-23 Mei kemarin, hanya Azhar Al-Ghiffari yang berhasil menyumbangkan satu perunggu untuk Kota Cirebon. Sedangkan belasan atlet lainnya belum bisa memperoleh medali. 

Sekretaris Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Cirebon, Surya Nurhayat mengaku, semua atlet telah gagal mengukir prestasi. Jadi, hanya Azhar saja yang dapat medali perunggu.

“Itu juga meleset dari target, padahal Azhar ditargetkan dapat emas. Sedangkan dua atlet yang ditargetkan bisa bawa perunggu ternyata hanya meraih peringkat empat, termasuk saya dan Khonsa dari kelas junior putri,” kata Surya Nurhayat kepada “Fajarnews.com”, Minggu (28/5).

Ia membeberkan, salahsatu alasan para atlet tak meraih prestasi secara maksimal, sebab jadwal setiap babak yang terlalu padat dan mepet, sehingga para atlet kekurangan istirahat.  “Karena setelah main catur tiap babak itu hampir 5 jam durasinya. Sedangkan istirahatnya cuma 1 jam terus dilanjut babak berikutnya,” ujarnya. 

Padahal, lanjut dia, setiap babak durasinya sampai 5 jam. Menurutnya, para atlet belum bisa beradaptasi ketika jadwal padat dan istirahat terlalu sempit. Seharusnya, setelah satu babak selesai itu kira-kira diberi waktu sekitar 2-3 jam.  “Dari kegiatan kemarin kami harus lebih siap lagi kalau ada jadwal ketat kaya Kejurda kemarin dan juga harus banyak berlatih lagi,” papar Surya. 

Ia menjelaskan, pada Kejurda Catur kemarin tuan rumah (Majalengka, red) berhasil menjadi juara pertama di kelompok senior putra. Sedangkan juara umumnya diraih oleh Kota Bandung. 

Lebih lanjut dia mengatakan, hasil Kejurda kemarin tentunya akan dijadikan motivasi bagi para atlet Percasi Kota Cirebon untuk lebih giat lagi dalam berlatih. Khususnya persiapan pada Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Antar Daerah (Porda) 2017 mendatang.  “Semoga prestasi catur Kota Cirebon bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Makanya tentu perlu perjuangan keras agar memiliki peluang guna mengukir prestasi, khususnya Porda,” tandasnya. (Winarno)

Loading Komentar....